Screen Shot 2021-06-02 at 6.00.07 PM.png

April 27, 2021 / Berita

Ngobrol dengan Manajer Program New Energy Nexus: Kiat-kiat Terseleksi Program Smart Energy

 

Pendaftaran Program Inkubasi Smart Energy akan ditutup kurang dari seminggu lagi, tim New Energy Nexus kali ini berbincang-bincang dengan tim Program dari New Energy Nexus. Tim Program adalah sebuah departemen khusus yang bertagung jawab atas jalannya program pembinaan startup, dari mulai seleksi, pembinaan, bahkan selepas startup menyelesaikan program. Jika terseleksi masuk ke program Smart Energy, startup akan berkomunikasi langsung dengan tim Program dari New Energy Nexus Indonesia

 

Apa saja yang harus dipersiapkan sebelum mendaftarkan diri/team ke program Smart Energy by New Energy Nexus?

Kami sarankan berkas pendukung seperti Curriculum Vitae dari founder dan co-founder, ataupun company profile serta pitch deck harus lengkap. Teliti dulu via internet kiat-kiat menyusun company profile maupun pitch deck yang baik, cari template yang sudah pernah digunakan oleh startup-startup yang sudah pernah sukses. Semuanya ada di internet. Kuncinya adalah persiapan.

 

Setelah hal tersebut terkumpul dan dirasa sudah matang, langsung isi form melalui platform Submittables yang dapat diakses melalui http://indonesia.newenergynexus.com/programs/

 

Apa saja persyaratan mengikuti program Smart Energy?

Kenali dulu apa yang New Energy Nexus cari. New Energy Nexus memiliki area fokus seputar energi bersih dan pintar diantaranya adalah renewable energy, smart grid, energy efficiency, energy management, customer service, e-mobility, business model innovation, IoT & digitization, energy access, dan energy storage.

Bisa jadi konsep startup yang diusungkan masuk ke lebih dari satu kategori focus area New Energy Nexus tersebut. Yang penting ide yang di ajukan harus relevan dan jelas.

Peserta juga harus berusia minimal 18 tahun saat mendaftar

 

Kapan biasanya program Smart Energy ini dibuka?

Periode pendaftaran ke Smart Energy Program dibuka empat kali dalam setiap tahunnya dengan deadline di setiap pertengahan Januari, pertengahan April, pertengahan Juli, dan pertengahan Oktober

 

Memahami perbedaan inkubasi dan akselerasi

 Program inkubasi diperuntukkan bagi startup yang masih berada dalam tahap awal atau “early stage” ; kurikulum program inkubasi akan dijalankan selama tiga bulan dengan fokus area product market fit dan prototyping.

Singkatnya, product market fit adalah dimana startup sudah masuk ke pasar dan menargetkan produk atau jasanya kepada kelompok pelanggan yang tepat. Untuk meraih product market fit, startup akan dibimbing menganalisa pasar, mengumpulkan feedback dan terus mempertajam keunikan dari produk atau jasa yang ditawarkan

Sementara prototyping adalah proses pembuatan purwarupa, dapat dalam bentuk perangkat keras maupun lunak. Disini, jika startup memenuhi syarat, New Energy Nexus pun juga dapat memberikan kesempatan ke akses pembiayaan prototyping

Sementara, program akselerasi diperuntukkan bagi startup yang telah berada dalam tahap yang lebih matang atau “later stage” ; kurikulum program akselerasi juga akan dijalankan selama tiga bulan dengan fokus area untuk mempersiapkan kesiapan startup terkait skalabilitasnya. Pilihan kurikulum yang kami berikan termasuk diantaranya sesi mentoring dalam human resources, finance, marketing and communication.

 

Tips untuk mematangkan ide agar lebih meyakinkan? 

Tips yang terpenting adalah sisihkan waktu lebih untuk memastikan bahwa masalah (problem) yang ingin dipecahkan melalui ide startup merupakan masalah nyata yang dihadapi oleh masyarakat, sehingga akan terefleksi dalam kebutuhan atau demand pasar

 Lakukan research terkait solusi yang ditawarkan, untuk memastikan fisibilitas dan skalabilitasnya, yakni seberapa besar potensi solusi yang ditawarkan untuk berkembang dan terus memperluas pangsa pasar.

Solusi yang diberikan memiliki faktor keunikan (value preposition) yang membuatnya berbeda dan memiliki nilai unggul dibandingkan competitor yang ada

 

Ide seperti apa sih yang dinilai menarik?

 Dapat menyelesaikan permasalahan nyata yang ada di masyarakat sehingga akan terfleksi dalam kebutuhan atau demand pasar.

Memiliki fisibilitas dan skalabilitas untuk menjamin keberlangsungannya

Memiliki keunikan (value preposition) yang membuatnya unggul dibandingkan ide ataupun solusi yang telah ada

 

Faktor apa saja yang bisa mempengaruhi pertimbangan diterima pada program inkubasi?

  • Solusi yang ditawarkan berpotensi untuk memecahkan permasalahan nyata yang ada di masyarakat

  • Solusi yang ditawarkan telah dikaji terkait fisibilitas dan skalabilitasnya untuk menjamin keberlangsungannya

  • Solusi yang diberikan memiliki keunikan (value preposition) dibandingkan ide ataupun solusi yang telah ada

  • Telah memikirkan dasar perencanaan terkait metode tes prototyping, contoh lokasi, skala pilot tes, dan jenis data yang ingin didapatkan.

 

Setelah diterima, langkah selanjutnya apa?

Setelah aplikasi diterima akan ada evaluasi tahap awal dari Tim New Energy Nexus dan tim startup yang lolos tahap evaluasi awal ini akan dihubungi oleh tim kami untuk penjadwalan wawancara.

Wawancara akan dilakukan dalam dua tahap. Tahap pertama akan dilakukan oleh tim program manager dan investment manager dan tahap kedua akan dilakukan oleh program director, investment director, dan representative dari Tim New Energy Nexus Global.

Setelah lolos wawancara akan dilakukan meeting persetujuan untuk mendiskusikan rencana kurikulum dan fokus program yang akan diberikan sesuai dengan kebutuhan tim startup.

Setelah meeting persetujuan selesai maka tim startup akan menerima kontrak persetujuan untuk ditandatangani sebelum memulai program inkubasi ataupun akselerasi.

 

 

Jika ide sudah pernah ditolak apakah bisa mencoba lagi di next batch?

Sangat bisa dan kami anjurkan untuk mengikuti acara pelatihan [RE]Charge yang kami adakan setiap bulannya untuk membantu tim startup anda dalam mempertajam ide bisnisnya.

 

Apa yang harus dihindari saat mendaftarkan ide?

Yang pertama, memberikan ide di luar area fokus New Energy Nexus dalam energi bersih dan pintar diantaranya adalah clean energy, smart grid, energy efficiency, energy management, customer service, e-mobility, business model innovation, IoT & digitization, energy access, dan energy storage.

Yang kedua, tidak memberikan deskripsi penjabaran yang jelas dalam form aplikasi submittable

Pendaftaran Program Smart Energy q2 2021 ditutup tanggal 2 Mei 2021, klik untuk daftar sekarang